Pages

Friday, August 17, 2018

Peninjauan Ulang Tarif Sewa Rusun Dibahas Senin Depan

Jakarta: Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menuturkan akan ada peninjauan ulang kenaikan tarif rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Kenaikan harga sewa akan disesuaikan lewat usia bangunan.

“Nanti mungkin ada klasifikasi untuk rusun yang baru jadi dan rusun yang sudah lama,” ujar Saefullah di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, 17 Agutus 2018.

Peninjauan ulang diperintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meski Peraturan Gubernur Nomor 55 Tahun 2018, tentang Penyesuaian Tarif Retribusi Pelayanan Perumahan telah diundangkan pada Juni 2018 lalu.

Menurut Saefullah, peninjauan ulang tarif rusun akan dibahas pada Senin, 20 Agustus 2018. Pembahasan tarif sewa juga akan mencakup 13 rusun baru yang belum dihuni, salah satunya Rusun KS Tubun. “Nanti Senin dibahas,” kata Saefullah.

Baca: Anies: Pergub 55 tak Sesuai RPJMD

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jakarta mengevaluasi Peraturan Gubernur Nomor 55 Tahun 2018, tentang Penyesuaian Tarif Retribusi Pelayanan Perumahan. Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengakui aturan buatannya itu tak sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Enggak sinkron dengan arah RPJMD kita, dengan arah kebijakan dasar kita," kata Anies di Jakarta Pusat, Kamis, 16 Agustus 2018.

Ia berjanji akan merapihkan aturan ini, sebab terjadi tumpang tindih antara rusunawa blok, tempat warga relokasi dengan rusunawa tower. Padahal keduanya jelas berbeda dan harus dipisahkan. Anies memberi sinyal membuat Pergub baru untuk mengakomodir penyesuaian tarif rusunawa blok. "Sesegera mungkin, karena ini urusan rusun lama dan rusun baru dalam satu aturan," kata dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini belum bisa membeberkan kapan Pergub baru itu terbit. Namun yang jelas, Pergub 55 Tahun 2018 hanya akan diberlakukan bagi rusunawa jenis tower pada 1 Oktober 2018.

"Kalau rusun baru enggak ada perbedaan, yang bermasalah adalah yang lama. Karena itu dijadikan satu di Pergub 55, itu letak problemnya," tandas Anies.

(YDH)

Let's block ads! (Why?)

http://news.metrotvnews.com/metro/GbmjVmOk-peninjauan-ulang-tarif-sewa-rusun-dibahas-senin-depan

No comments:

Post a Comment