Pages

Friday, August 17, 2018

Technopreneur, Cara Isi HUT RI ke-73 di Era Digtal

Jakarta: Hari ini di tanggal 17 Agustus 2018 menjadi Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia. Generasi muda kembali diberikan pertanyaan mengenai apa yang mereka lakukan untuk mengisi momen penting ini terutama di era digital yang kini identik dengan anak muda.

Menurut pandangan beberapa pelaku startup lokal yang sudah menjadi besar dan terkemuka, seperti Bukalapak dan Traveloka, profesi sebagai technopreneur adalah salah satu fenomena paling membanggakan yang dimiliki Indonesia, saat perkembangan teknologi sudah sangat matang.

CEO & Co-Founder Traveloka Ferry Unardi dan CEO & Founder Bukalapak Achmad Zaky melihat kini semakin banyak generasi muda yang memanfaatkan internet untuk menjadi technopreneur dan berkontribusi kepada Tanah Air.

"Kemerdekaan bagi saya adalah momen untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara kita sebagai generasi muda, yaitu berkreasi, berinovasi, dan secara bersama-sama membangun Indonesia untuk memajukan UKM Indonesia," ungkap Zaky.

Hal yang senada juga disampaikan oleh Ferry, menurutnya perkembangan industri di bidang teknologi terutama dunia digital telah memberikan kebebasan bagi generasi muda untuk menghadirkan perubahan positif.

"Sektor teknologi digital termasuk di dalamnya startup digital dan e-commerce berkembang cukup pesat dalam empat tahun terakhir. Dapat kita lihat, empat dari tujuh unicorn di Asia Tenggara berasal dari Indonesia," imbuh Ferry.

Zaky mengutip data dari Center for Innovation Policy and Governance menyebutkan bahwa perkembangan teknologi digital di Indonesia 10 tahun terakhir tergolong pesat. Ini memosisikan Indonesia sebagai salah satu negara di Asia dengan pentrasi internet paling tinggi.

Hal paling penting dan dibanggakan dari fenomena generasi muda yang memilih menjadi techopreneur menurut mereka berdua adalah para generasi muda tersebut tidak hanya berorientasi bisnis semata namun juga mecurahkan tenaga dan pikiran untuk memberikan solusi atas permasalahan yang ada di Indonesia.

"Dengan kemajuan teknologi digital, diharapkan semakin banyak orang yang akan menciptakan dan memanfaatkan teknologi, khusus nya teknologi digital untuk menciptakan peluang usaha dan memberikan solusi bagi kebutuhan masyarakat," tutur Zaky.

Baik Zaky dan Ferry meyakini bahwa ke depannya peran dan kontribusi technopreneur lewat bisnis berbasis teknologi digital akan berdampak positif semakin besar kepada perekonomian di Indonesia. Tidak hanya untuk pelaku technopreneur tapi juga memberikan peluang bagi masyarakat ikut serta di dalamnya.

(MMI)

Let's block ads! (Why?)

http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/yNLdV26N-technopreneur-cara-isi-hut-ri-ke-73-di-era-digtal

No comments:

Post a Comment