Pages

Thursday, August 16, 2018

Jokowi: Kepercayaan Dunia Momentum Dorong Produk Ekspor RI

Presiden Joko Widodo saat membacakan pidato kenegaraan di Gedung MPR/DPR, Senayan. (FOTO: Metro TV)

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kepercayaan yang didapat Indonesia dari dunia internasional merupakan momentum yang baik untuk meningkatkan investasi dan mendorong produk ekspor Tanah Air. Hal itu menjadi penting sejalan dengan perbaikan ekspor bisa berdampak positif terhadap membaiknya postur neraca perdagangan dalam negeri.

"Peningkatan investasi dan ekspor adalah kunci apabila kita ingin memiliki ekonomi yang tangguh," ungkap Jokowi, dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di depan sidang bersama DPR-DPD, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 16 Agustus 2018.

Adapun berbagai program reformasi struktural telah meningkatkan daya saing perekonomian nasional secara signifikan. Bahkan, peringkat Ease of Doing Business (EoDB) Indonesia melompat 48 peringkat selama tiga tahun menjadi posisi 72 pada 2018. Peringkat Global Competitiveness Index juga naik lima peringkat dari posisi 41 di 2016 menjadi posisi 36 di 2017.

"Kepercayaan dunia internasional terhadap ketangguhan dan prospek positif ekonomi Indonesia juga terlihat dengan Indonesia sudah mendapatkan peringkat layak investasi dari lembaga-lembaga pemeringkat internasional ternama seperti Moody's, Fitch, dan S&P," kata mantan Wali Kota Solo ini.

Di sisi lain, kemudahan berusaha dalam berbagai skala turut didorong pemerintah dengan reformasi struktural termasuk reformasi sistem perizinan. Pemerintah sudah menjalankan Online Single Submission (OSS) sebagai sistem yang mengintegrasikan seluruh pelayanan perizinan berusaha.

"Adapun pelayanan perizinan berusaha tersebut menjadi kewenangan menteri/pimpinan lembaga, gubernur, atau bupati/wali kota yang dilakukan secara elektronik. Melalui reformasi sistem perizinan, kita mendorong standarisasi dan menjadikan birokrasi perizinan di tingkat pusat dan daerah lebih mudah, lebih cepat, dan juga lebih terintegrasi," pungkas Jokowi.

 

(AHL)


Let's block ads! (Why?)

http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/GNlA8gyb-jokowi-kepercayaan-dunia-momentum-dorong-produk-ekspor-ri

No comments:

Post a Comment